PostHeaderIcon Atasi Kegelapan, Danramil 0801/02 Kebonagung Dampingi Pemasangan Tower Sutet

 

PACITAN – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Timur akan melakukan pemasangan kembali tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) berkapasitas tegangan 150 kilo volt ampere (KVA) yang roboh di RT/RW 03/IX di Dusun Pule Desa Ketepung, Kecamatan Kebonagung. Senin (22/1/2018)

 

PLN juga telah melakukan survei lokasi dan identifikasi kerusakan, termasuk perijinan pekerjaan ke lingkungan sekitar, seperti ke Kepala Desa dan Ketua RT, rencana pemasangan akan dilakukan pada Senin (22/1) hingga Sabtu (28/1/2018) mendatang.

Dalam proses penormalisasian infrastruktur penerangan saluran jaringan aliran listrik dengan menggunakan interkoneksi Jawa Bali, pasokan dari GI. Ponorogo jalur ke Pacitan sebelum PLTU 1 Jatim Sudimoro beroperasi  atau jalur lama.

Dalam proses perbaikan Tower SUTT dimungkinkan akan memakan waktu yang lama dan belum bisa diperkirakan lama penanganannya karena kondisi tanah disekitar Tower SUTT masih labil serta faktor cuaca saat ini sangat berpengaruh terhadap pengerjaan perbaikan Tower SUTT yang roboh dan patah.

Danramil 0801/02 Kebonagung Kapten Inf Agus Setiawan saat mendampingi pemasangan tower mengatakan bahwa Tower milik PLTU 1 Jawa Timur yang roboh Sabtu (20/1/2018) lalu sekitar pukul 14.00 WIB bertegangan 150KVA.

Danramil juga menjelaskan kronologi kejadiannya, sejak Jumat malam, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur merata yang disertai dengan angin di Wilayah Pacitan hingga Sabtu siang sehingga menngakibatkan tower tersebut roboh dan patah karena kaki- kaki pondasi terkena longsoran tanah dan batu besar yang kondisi tanah penopang Tower labil dan tidak mampu menahan beban berat Tower,”jelasnya.

Lebih lanjut Agus merinci bahwa satu unit Tower 95 roboh, satu unit Tower 94 patah, satu unit Tower 96 dan 97 Konduktornya jatuh mengenai SUTT serta menyebut kerugian material akibat tower roboh dan patah tersebut diperkirakan Rp 40 miliar.(dim01)

 

Last Updated (Wednesday, 24 January 2018 04:46)

 
Banner