PostHeaderIcon Festival Balon Udara warnai langit Ponorogo

 

PONOROGO.- Bertempat di Lapangan Desa Nongkodono Kec. Kauman Kab. Ponorogo dilaksanakan kegiatan Festival Balon Udara yang dipimpin oleh Kapolres Ponorogo AKBP Surya Sudarmadi, S.I.K.,M.H. dan sebagai penanggung jawab Panitia Ketua PC GP Ansor Ponorogo Bapak Syamsul Ma'arif, S.Pdi, yang diikuti 41 peserta untuk memperebutkan piala bergilir dari Bupati Ponorogo dan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta. Minggu(3/9/17)

 

Sejak pagi hari tidak seperti biasanya di Lapangan Desa Nongkodono Kec. Kauman Kab. Ponorogo sudah dipadati oleh 1.000 pengunjung yang berbondong-bondong untuk melihat Festival Balon Udara Tradisional Ponorogo.

Di dalam sambutan Kapolres Ponorogo“pelaksanaan festival balon udara pada hari ini berawal dari penerbangan balon udara pada saat hari Raya Idul Fitri tahun lalu bahwa masyarakat sangat antusias untuk menerbangkan balon udara dan kegiatan ini baru pertama kali diadakan di seluruh Indonesia.Harapan dengan diadakan Festival ini adalah untuk melestarikan tradisi masyarakat Ponorogo dan dapat terus dilaksanakan dan bisa memberikan wadah kepada masyarakat dan memberitahukan tentang tata cara penerbangannya agar tidak menganggu penerbangan Pesawat Udara serta untuk menarik para wisatawan dari luar Ponorogo. Uji coba penerbangan balon pada hari ini apabila bisa sukses maka tahun berikutnya saat Hari Raya Idul Fitri akan kita adakan even yang lebih besar”.

Dandim 0802/Ponorogo Kodim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kodim 0802/Ponorogo sangat mendukung kegiatan Festival Balon Udara yang dilaksanakan pertama kali di wilayah Kab. Ponorogo, diharapkan tradisi masyarakat Ponorogo terkait dengan penerbangan balon tetap bisa dilaksanakan setiap tahundan di hiharapkan juga dengan adanya Festival balon udara ini dapat memberikan contoh kepada semua lapisan masyarakat tentang tata cara penerbangan balon udara.Penerbangan balon udara harusnya diikat dengan tali sehingga dapat dikendalikan dan tidak terlepas bebas yang dapat membahayakan lalu lintas udara atau membahayakan jalur penerbangan pesawat di wilayah Kab. Ponorogo ataupun wilayah lainnya.

Adapun pemenang dari Festival Balon Udara :

1. Kategori terindah :

a. No peserta 40 dengan nilai 87. dari Kec. Siman.

b. No peserta 02 dengan nilai 85 dari Mlarak.

c. No peserta 13 dengan nilai 80 dari Kec. Pudak.

2.Kategori Terkompak:

a. No peserta 22 dengan nilai 87 dari Kec. Ngrayun.

b. No peserta 46 dengan nilai 85 dari Kec. Jambon.

c. No peserta 48 dengan nilai 80 dari Kec. Badegan

3.Kategori terunik:

a. No peserta 14 dengan nilai 79 dari Kec. Kauman

b. No peserta 37 dengan nilai 77 dari Kec. Balong.

c. No peserta 26 dengan nilai 75 dari Kec. Balong.

4. Kategori terbaik :

a. No peserta 24 dengan nilai 322 dari Kec. Babadan.

b. No peserta 01 dengan nilai 313 dari Kec. Siman.

c. No peserta 41 dengan nilai 312 dari Kec. Kauman.

Hadir dalam kegiatan tersebut

Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE, Kapolres Ponorogo AKBP Surya Sudarmadi, S.I.K.,M.H, Kepala Sub Direktorat Navigasi Penerbangan Kementrian Perhubungan Jakarta Hasan Basori, Kepala Bidang keamanan Penerbangan Angkutan Udara dan Kelaikudaraan Otoritas Bandara wilayah 3 Surabaya Ir. Nafhan Syahroni, M.Sc, Kasi Kamhanlan Lanud Iswahyudi Mayor Pas Nugroho Wimbo Prakosa. S.pd, Kepala Kejaksaan Negeri Ponorogo yang diwakili oleh Staf Pidum Pujo Winoto, Danramil 0802/05 Kauman Kapten Inf Supriono, Camat Kauman Eko Edy Suprapto, SIP. M.SI, Kapolsek jajaran Polres Ponorogo, Ketua PC GP Ansor Ponorogo Syamsul Ma'arif, S.Pdi, Kepala Desa Nongkodono Jemadi dan perangkat Desa Nongkodono Kec. Kauman, Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh Pemuda Kec. Kauman Kab. Ponorogo.(Pendim0802)

 

Last Updated (Sunday, 03 September 2017 20:11)

 
Banner