PostHeaderIcon Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan Menyusun RKPD Tahun 2019 Kelurahan Selosari

 

Magetan, Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa.

Setiap tahun pada bulan Januari, biasanya didesa-desa diselenggarakan musrenbang untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa). Penyusunan dokumen RKP Desa selalu diikuti dengan penyusunan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), karena suatu rencana apabila tanpa anggaran sepertinya akan menjadi dokumen atau berkas belaka. Kedua dokumen ini tidak terpisahkan, dan disusun berdasarkan musyawarah dan mufakat. RKP Desa dan APB Desa merupakan dokumen dan infomasi publik. Pemerintah desa merupakan lembaga publik yang wajib menyampaikan informasi publik kepada warga masyarakat. Keterbukaan dan tanggung gugat kepada publik menjadi prinsip penting bagi pemerintah desa.

RKP Desa ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa dan disusun melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahunan atau biasa disebut musrenbang Desa. Dokumen RKPDesa kemudian menjadi masukan (input) penyusunan dokumen APB Desa dengan sumber anggaran dari Alokasi Dana Desa (ADD), Pendapatan Asli Desa (PA Desa), swadaya dan pastisipasi masyarakat, serta sumber-sumber lainnya yang tidak mengikat.

Bertempat di Kantor Kel.Selosari kec./kab Magetan telah dilaksanakan Musyawarah perencanaan pembangunan Kelurahan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019 Kel.Selosari Kegiatan tersebut dihadiri undangan sbb : Camat Magetan yang diwakili Bpk Sekcam Permadi Bagus Darmawan SSTP Msi. Kakel Selosari Bpk Yudo Wahyono S.sos M.si. Ketua LPM Bpk Sumarlan. Ketua pengerak /Unsur PKK. Ketua RT/RW Kel.Selosari. Tokoh masyarakat /tokoh Agama Kel.Selosari. Babinsa dan Babinkamtibmas Kel.Selosari. Jumlah undangan kurang lebih 55 orang. Ucapan terima kasih atas kesediaan dan kehadiran para undangan dan diharapkan setelah musrenbangkel.dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019.

Kepala Kelurahan Selosari Yodo Wahyono memaparkan musrenbengkel hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan hasil yang disepakati anggota musyawarah sbb : Pembuatan Gapuro di RW 03. Perbaikan Grenase di RT 4/2 Kel.Selosari. perbaikan Grenase di RW 09 kel.selosari. Penandatanganan hasil musrenbangkel. dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019 Kel.Selosari.

Kepala Kelurahan Selosari memberikan Ucapan terima kasih dan syukur kepada Allah Swt, Bahwa kita masih di beri kesehatan sehingga dapat melaksanakan musrenbangdes dengan lancar. Ucapan terima kasih kepada semua undangan sehingga dalam musrenbang Kel.Selosari bisa di sepakati/di setujui. Musyawarah Kelurahan Kel.Selosari dilaksanakan dalam rangka musyawarah perencanaan pembangunan Kel.dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019. Kegiatan musrenbangkel pada intinya utk mensosialisasikan kpd masyarakat bhw di Kel.Selosari telah dilakukan musrenbangkel dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019 dengan tujuan supaya masyarakat tahu program program yang di ajukan oleh pemerintah Kel.Selo kosari yang akan di bawa di musrenbang Kec. Magetan. ada 3 prioritas yang di utamakan yaitu pembangunan jalan, ekonomi bidang perdagangan, dan swasembada pangan bidang pertanian.(tsrmgt)

 

Last Updated (Friday, 26 January 2018 02:14)

 
Banner