PostHeaderIcon Serma Rizal Syam Babinsa Ramil 0805/04 Padas Pelopori Warga Basmi Hama Tikus

 

Ngawi – Serma Rizal Syam Babinsa Ramil 0805/04 Padas semangat pelopori warga binaanya untuk basmi hama tikus. Tikus termasuk salah satu hama yang sangat merepotkan jika populasinya tdak bisa dikendalikan dan bila jumlahnya banyak akan menjadi malapetaka bagi petani padi, maka dari itu upaya pencegahan harus selalu diupayakan. Seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan di area persawahan Dsn. Ngembak Ds. Munggut Kec. Padas Serma Rizal Syam pelopori warga Desa binaannya melaksanakan gerakan pembasmian hama tikus dengan menggunakan aplikasi mercon tikus. Rabu (2/8/2017).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua Tim pengobatan pengamat hama Darmin, KUPT Dinas Pertanian Kec. Padas Maryadi, PPL 3 orang, Babinsa Ds. Munggut Serma Rizal Syam, Ketua poktan Setia Tani Karimun, serta anggota poktan Setia Tani sebanyak 45 orang.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pembagian mercon pembasmi tikus sebanyak 600 buah kepada petani.

Ketua tim pengamat hama Darmin menyampaikan Pengasapan menjadi alternatif cara pengendalian jumlah populasi tikus di sawah, dilakukan di mulut lubang sarang yang ditutup, menggunakan peralatan yang relatif sederhana.

Lebih lanjut disampaikan bahwa bom asap berbentuk tabung menggunakan KNO 3( Potassium Nitrate – bahan pembuat petasan) membuatnya lebih efektif mendorong gas belerang (S) masuk ke dalam sarang dan membasmi tikus.

''Gas beracun ini akan merusak jaringan pernapasan dan syaraf tikus, sehingga lebih efektif membasmi tikus,” pungkasnya

Sementara itu menurut Danramil 0805/04 Padas Kapten Czi M. Nurvolasohi ditempat terpisah membenarkan bahwa saat ini di wilayah tanggung jawabnya tengah digalakan pemberantasan hama tikus. Dikatakan, ini merupakan solusi dari Pemkab Ngawi melalui Distan untuk mengendalikan hama tikus sawah yang menjadi musuh utama para petani. "Cara seperti ini merupakan cara yang paling efektif untuk membasmi tikus sawah dan mematikan populasinya,'' katanya. .(Dim 0805/Ngw)

 

Last Updated (Wednesday, 02 August 2017 14:03)

 
Banner