PostHeaderIcon MAYOR INF MUH.SAMSUL HADI,S.AG. MENGIKUTI SHOLAT IDUL ADHA 1438 H

 

Tulungagung, Bertempat di halaman Kantor Pemkab Tulungagung Jl. A.Yani Timur dilaksanakan Sholat Sunat Idul Adha 1438 H/2017 M. Oleh Drs. H. Miftah, MM sebagai Imam dan Dr. H. Munardji, M.Ag Sebagai Khotib di hadiri sekitar 10.000 Jemaah Muslim se Kab. Tulungagung.

 

Hadir dalam sholat Idul Adha Bupati Tulungagung Sahri Mulyo SE Msi,Sekda Tulungagung Indra Fauzi, Kasdim 0807/Tulungagung Mayor Inf Muh Samsul Hadi, S.Ag, Kabag Ops Polres Tulungagung Kompol Moh. Khoiril, SPd, MH, Kepala Kantor Kementerian agama kab. Tulungagung Nuril Huda SHM pdi MH, SKPD lingkup Pemkab Tulungagung.

Sebelum Sholat Id dimulai Bupati Tulungagung Sahri Mulyo SE Msi menyampaikan Mudah- mudahan saudara-saudara kita yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji diberi kemudahan oleh Allah, sehingga dapat melaksanakIan ibadah dengan lancar, dan kembali ke tanah air dengan selamat serta mendapatkan gelar haji yang mabrur. Amin,Setiap kita merayakan Hari Raya Idul Adha, kita akan senantiasa ingat pada sebuah peristiwa agung dalam sejarah kemanusian, yaitu pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, dan putranya Nabi Ismail. Pengorbanan terbesar dan terberani dalam sejarah umat manusia yang telah memberikan pelajaran besar dalam perjuangan da wah, pendidikan ahklaq, kaderisasi dan gerakan amal-amal sosial, bahkan pelajaran besar dalam membangun bangsa dan negara, Oleh karena itu, sekali lagi marilah pada Hari Raya Kurban kali ini, kita jadikan sebagai momentum bagi setiap diri untuk berikrar melepas sebagian milik kita yang kita cintai, untuk sesama, untuk orang orang di sekitar kita, untuk kesejahteraan bangsa dan negara. dengan tulus ikhlas semata mata untuk mendapatkan cinta Sang Maha Mencintai, yaitu Allah SWT, Marilah kita syukuri apa yang telah dikaruniakan Allah kepada kita, dan marilah kita berdoa mudah-mudahan Tulungagung diberi keselamatan lahir batin, kesejahteraan kedamaian dan dijauhkan dari bencana dan musibah, seiring dengan tambahnya usia, mudah-mudahan Allah menambah kebaikan kepada kita.

Sedangkan Dr. H. Munardji, M.Ag dalam Khotbahnya mengatakan di pagi hari yang penuh barokah ini, kita berkumpul untuk melaksanakan shalat ‘Idul Adha. Baru saja kita laksanakan ruku’ dan sujud sebagai manifestasi perasaan taqwa kita kepada Allah SWT. Kita agungkan nama-Nya, kita gemakan takbir dan tahmid sebagai pernyataan dan pengakuan atas keagungan Allah. Takbir yang kita ucapkan bukanlah sekedar gerak bibir tanpa arti. Tetapi merupakan pengakuan dalam hati, menyentuh dan menggetarkan relung-relung jiwa manusia yang beriman. Allah Maha Besar. Allah Maha Agung. Tiada yang patut di sembah kecuali Allah, Idul adha dikenal dengan sebutan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan shalat Idul Adha ini adalah, bahwa hakikat manusia adalah sama. Yang membedakan hanyalah taqwanya. Dan bagi yang menunaikan ibadah haji, pada waktu wukuf di Arafah memberi gambaran bahwa kelak manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk dimintai pertanggung jawaban.(dim07)

 

Last Updated (Friday, 01 September 2017 14:12)

 
Banner