PostHeaderIcon Babinsa 0807/12 Bersama Masyarakat Perbaiki Saluran Irigasi

 

Tulungagung -- Saluran irigasi merupakan sarana penghubung antara sumber air dan petak tanah pertanian atau persawahan. Irigasi juga merupakan upaya yang dilakukan manusia utk mengairi lahan pertanian. Apabila tidak ada irigasi tentu saja para petani tidak akan dapat mengolah lahan sawahnya.

 

Melihat begitu pentingnya saluran irigasi maka anggota kelompok tani Lohjinawi, bersama sama dengan Babinsa Desa Tanggulturus Serka Teguh, memperbaiki saluran irigasi yang rusak, di Dsn. Tanggul Ds. Tanggulturus Kecamatan Besuki agar dapat di pergunakan lagi untuk mengairi sawah petani. Senin(26/02/18).

Sungai merupakan harta karun masyarakat yang harus dijaga keberlangsungannya. Beragam manfaat yang sungguh teramat banyak bisa kita petik darinya. Misalnya saja untuk saluran irigasi sawah.

Pada pertanian khususnya padi sawah, keberhasilannya sangatlah di pengaruhi oleh air sungai. Dengan memanfaatkan air sungai maka pengairan sawah bisa menjadi mudah walaupun memang tidak bisa sepenuhnya di kontrol oleh petani karena masih tergantung dari alam.

Fungsi irigasi adalah untuk memasok kebutuhan air pada tanaman serta melunakkan lapisan tanah yang keras pada saat pengolahan tanah.

Terlihat Babinsa dan kelompok tani saling bahu membahu dalam memperbaiki saluran irigasi guna mengairi sawah. Di sela sela kesibukannya mereka saling bercanda yang mana semakin menambah keakrapan di antara keduanya.

Kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik agar pengairan di sawah berjalan lancar.

Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu mendongkrak kesejahteraan para petani, khususnya petani wilayah Kabupaten Tulungagung.(Md 0807/)

 

Last Updated (Monday, 26 February 2018 05:12)

 
Banner