PostHeaderIcon Dengan Pakaian Dinas Babinsa 0807/12 Dampingi Petani Ngurit Padi

 

TULUNGAGUNG -- Beras adalah bahan pangan utama di Indonesia berdampingan dengan umbi-umbian, jagung, biji-bijian, kacang, dan beberapa bahan pangan lain seperti tepung dan kedelai. Saat ini harga beras sedang beranjak naik dan menjadi pembicaraan terkait hubungan beras dengan kedaulatan pangan. Sebagaimana diketahui beras dihasilkan para petani dari budidaya padi.

 

Untuk menciptakan Ketahanan Pangan yang baik, Babinsa Desa Tanggulwelahan, Koptu Sujarwo yang merupakan anggota Koramil 0807/12 Besuki mendampingi kelompok tani Sumber Rejeki ngurit pada lahan sawah milik Bpk. Guruh warga Desa Tanggulwelahan Kecamatan Besuki. Sabtu(17/03/18)

Budidaya padi merupakan rangkaian pekerjaan yang dimulai dari penyiapan lahan hingga padi siap menjadi beras. Rangkaian pekerjaan ini terdiri dari pekerjaan-pekerjaan yang semuanya memiliki nama atau istilah yang dipahami secara umum. Hal ini terkait dengan pengerjaan, pengupahan, dan musim atau waktu yang sesuai untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Adapun ngurit adalah membuat pembibitan padi. Petani yang di bantu Babinsa membuat bibit padi dengan menebarkan benih padi yang telah di rendam dalam air di lahan pembenihan yang telah disediakan. Benih kemudian tumbuh dan dari hari ke hari bersiap untuk di pindahkan ke sawah. Lahan yang digunakan sebagai pembibitan dinamakan uritan, yang dalam bahasa jawa menyebutnya dengan pinihan.

Pada kegiatan ngurit kali ini dengan luas lahan mencapai 180 ru dengan jenis padi Ciherang, guna percepatan masa tanam 1.

Babinsa bersama sama PPL bekerja sama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan pendampingan dan penyuluhan di harapkan para petani wilayah binaan senantiasa mendapatkan hasil yang maksimal.

Turunnya Babinsa ke sawah memberikan semangat dan motivasi kepada para petani agar mereka rajin dalam mengolah lahannya.

Untuk itulah Babinsa selalu mendampingi tak kenal rasa lelah demi suksesnya Ketahanan Pangan, khususnya wilayah Kabupaten Tulungagung.(Md 0807)

 

Last Updated (Saturday, 17 March 2018 13:11)

 
Banner