PostHeaderIcon Koptu Kresno Dampingi Poktan Tani Makmur Desa Tanen Siangi Padi

 

Tulungagung – Rumput di sekitar tanaman padi akan membuat tanaman menjadi kurang subur dan bahkan lama kelamaan akan menutupi tanaman sehingga tanaman padi bisa mati sehingga perlu tindakan perawatan agar tanaman tetap bisa tumbuh subur.

 

Penyiangan padi merupakan suatu kegiatan mencabut gulma atau rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah. Gulma atau rumput merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena dapat menurunkan potensi hasil produksi tanaman pertanian petani.

Untuk itulah Babinsa Desa Tanen Koptu Kresno anggota dari Koramil 0807/06 Rejotangan mendampingi petani menyiangi padi dan melakukan pembersihan rumput di areal sawah milik Bpk. Khoiri anggota kelompok tani Tani Makmur warga Desa Tanen Kecamatan Rejotangan seluas 0,30 Ha, Selasa (22/05/2018).

Penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi penyerapan unsur hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi penetrasi sinar matahari.

Tanaman padi harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang mencukupi agar tanaman padi tumbuh subur. Dengan pendampingan dari Babinsa diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya di sawah.

Kegiatan ini merupakan upaya nyata Babinsa dalam pendampingan kepada petani, Babinsa akan terus mengawal dan membantu petani hingga tiba masa panen. Hal ini dilakukan untuk mendukung Program Swasembada Pangan agar dapat sukses dan bisa diwujudkan bersama khususnya di wilayah Kab. Tulungagung.(md07)

 

Last Updated (Wednesday, 23 May 2018 03:28)

 
Banner