PostHeaderIcon Mantapkan Kemampuan Sikap Perilaku, Keterampilan dan Pengetahuan Dalam Latnister Kodim 0808/Blitar

 

Blitar, Sebagai prajurit yang ada diwilayah teritorial diharapkan oleh pimpinan angkatan darat mempunyai kemampuan khusus di bidang kewilayahan, dimaksudkan agar prajurit tersebut dapat menguasai wilayah sehingga tugas yang diberikan dapat di jalankan sesuai kemauan pimpinan.

 

Banyak hal dalam materi Latnister ( Latihan tehnis Teritorial ) yang disampaikan oleh Gumil ( Guru Militer ) diantaranya seorang aparat teritorial harus mampu melaksanakan temu cepat, lapor cepat, penguasaan wilayah, komunikasi sosial, manejemen teritorial, perlawanan rakyat, sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI.

Acara yang direncanakan selama 5 hari (13 s/d 17 Maret) dibuka oleh Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Rudi Sudjatmiko, bertempat di gedung Graha Bhakti Yonif 511.

Sebagai kata pembuka Kasdim menyampaikan agar dalam latnister dilaksanakan dengan penuh keseriusan walau sering kita melaksanakan kegiatan ini, namun tak bosan-bosannya selalu menekankan agar para prajurit menguasai betul kemampuannya di wilayah.

Hal terpenting yang harus bisa dilaksanakan oleh aparat wilayah terkait masalah yang gencar-gencarnya dicanangkan oleh pemerintah saat ini adalah penyerapan gabah petani, sehingga swasembada pangan dapat terwujud dengan sukses.

Seperti yang disampaikan Komandan kodim 0808/Blitar Letkol Arh. Surya Dani, dalam mengambil apel sebelum melaksanakan Latnister, yang menegaskan gabah hasil petani minimal 10 persen dapat diserap oleh Bulog, sehingga jerih payah selama ini, yang dilakukan oleh pemerintah terhadap kepeduliannya pada petani mulai pengadaan alsintan, subsidi pupuk dan sebagainya tidak mengalami sia-sia belaka, tegas Dandim.

Lebih lanjut kasdim menyampaikan perlunya kemampuan komunikasi sosial yang dimiliki seorang apwil khususnya Babinsa haruslah terbina, sehingga jika terdapat permasalahan seorang apwil tidak mengalami kesulitan, ungkapnya.

Dalam latnister yang diikuti oleh 190 prajurit, khususnya yang menjabat babinsa, untuk hari ini kapten inf Podo sebagai Gumil pembuka memberikan materi 5 kemampuan teritorial, salah satu yang ada dalam lima puan ter adalah temu cepat dan lapor cepat, apa itu yang tertuang didalamnya, dimenjelaskan bahwa kemampuan untuk memperoleh keterangan secara cepat ( deteksi dini ) dan melaporkan dengan tepat, sehingga dapat ditindak lanjuti untuk dijadikan bahan keterangan dalam rangka cegah dini, kegiatan yang diselenggarakan dapat dilaksanakan langsung oleh apwil tersebut, dalam aplikasi dilapangan tentunya kita bekerja bareng dengan mitra karib yang ada di wilayah, agar dapat melancarkan tugas-tugas kita. jelasnya, (her/pen81)

 

Last Updated (Tuesday, 14 March 2017 14:27)

 
Banner