PostHeaderIcon Panglima TNI Ziarah Ke Makam Bung Karno

 

BLITAR - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melakukan ziarah di makam Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno (Bung Karno), di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Senin (18/9/2017).

 

“Ini dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-72. Ziarah ke makam mantan Presiden dan mantan panglima tertinggi ini merupakan tradisi baru yang dilaksanakan TNI mulai tahun 2016,” kata Jendral Gatot kepada wartawan di Blitar, salah satunya BLITARTIMES.

Selain ziarah ke makam Bung Karno, sejumlah lokasi lain yang diziarahi yakni makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, makam Presiden kedua RI Soeharto di Astana Giribangun tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, makam Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Yogyakarta, yang merupakan panglima pertama kali dan taman makam pahlawan makam prajurit TNI di Dili dan Baucau.

“Maknanya, kita ke makam kalau ziarah itu kan mengirimkan doa. Sambil juga pewarisan nilai-nilai juang, karena beliau-beliau ini kan pejuang yang patut untuk diteladani,” tegasnya.

Sementara ziarah ke taman makam pahlawan di Dili dan Baucau adalah yang pertama kali akan dilakukan. Gatot menjelaskan bahwa TMP di Baucau kondisinya sangat menyedihkan, namun sudah direnovasi dalam 3 minggu terakhir.

“Mereka yang telah gugur berjuang dengan penuh pengorbanan hingga kehilangan nyawanya. Dalam kondisi seperti ini, saya bersama petinggi TNI ziarah kesana untuk menunjukkan bahwa kami tidak melupakan , mereka adalah pejuang-pejuang pahlawan dan prajurit terbaik yang gugur disana dan jasadnya tidak dibawa kembali,” tandasnya.

Panglima datang dengan rombongan didampingi para pimpinan baik TNI AD, AU, dan Al. Mereka berangkat dari Malang menggunakan jalur darat dan tiba di makam Bung Karno sekitar jam 09.30 WIB.

Rombongan tiba di makam dan disambut Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Kustanto Widiatmoko, Danrem 081/DJS Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha, Dandim 0808/Blitar Letkol Arh Surya Dani, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Blitar Rijanto, Wali Kota Blitar M.Samanhudi Anwar. Sejumlah anggota DPRD daerah setempat juga hadir menyambut kedatangan panglima dan rombongan.

Setelah istirahat, rombongan melakukan upacara militer di makam, lalu berdoa bersama dan tabur bunga. Setelahnya, rombongan bersiap-siap pulang dan kembali melanjutkan perjalanan ke Jombang.(amrin08)

 

Last Updated (Monday, 18 September 2017 20:54)

 
Banner