PostHeaderIcon Persit KCK Koorcab Rem 081 Menyelengarakan Penyuluhan dan Pemeriksaan IVA

Madiun, Dalam Rangka memperingati HUT ke 71 Persit Kartika Chadra Kirana dan HUT ke 53 Dharma Pertiwi, Persit KCK Koorcab Rem 081 PD V Brawijaya menyelenggarakan Penyuluhan dan Pemeriksaan IVA bekerjasama dengan Denkesyah 05.04.01 Madiun bertempat di aula Makodim 0803/Madiun Jl. Pahlawan no 25 Madiun. Jum’at(10/3/17)

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 081 PD V Brawijaya Ny. Indah Piek Budyakto berharap dengan pelaksanaan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan IVA Ibu-ibu akan memperoleh tambahan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana melindungi diri agar tidak terkena penyakit leher rahim.

dr. Soedarmadi Sp. Og dari Denkesyah 05.04.01 Madiun menyampaikan betapa pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan mengetahui tentang IVA. Lebih lanjut dijelaskan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yaitu pemeriksaan leher rahim dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%. Bila setelah pulasan asam asetat 3-5% ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka indikasi terdapat lesi kanker.

Pada kegiatan ini dilanjutkan dengan IVA TEST yang dinilai lebih akurat dan efektif dibandingkan Papsmear.  Pemeriksaan IVA diikuti sekitar 50 peserta yang mengikuti penyuluhan dan memenuhi beberapa kriteria untuk dapat dilakukan IVA TEST.

Penyuluhan dan Pemeriksaan IVA diikuti oleh Ketua Persit KCK Cabang Jajaran Koorcab Rem 081 dan Perwakilan dari masing-masing Persit Cabang Jajaran Koorcab Rem 081 serta Perwakilan Pia Ardia Garini dari Lanud Iswahyudi. (pen81).

 

Last Updated (Friday, 10 March 2017 14:37)

 
Banner